Wednesday 21 October 2009

Belajar tentang Blogging nih...

Salah satu hal yang menarik bagi saya yaitu ketika memulai nge Blog, kayaknya nemuin something new gitu... Sejak saat itulah saya suka surfing cari informasi sebanyak2 nya tentang apa seh Blog itu, cara yang benar dsb... sekarang ne jg lagi seneng2 nya belajar, maklum masih pemula banget. Hasil dari cari2 info itulah saya kumpulin, baca, cari ide2 buat nulis, juga belajar dari Blog2 yang dah mapan.


Dari banyaknya informasi itulah, saya ambil beberapa kesimpulan tentang apa dan bagaimana Blogging itu, tapi ini adalah kesimpulan seorang pemula, jadi seandainya banyak kekurangan dan kejanggalan ya mohon dimaklumi aja deh...

Dari Banyaknya Blog yang saya kunjungi, saya jadi sedikit tau kalo Blogging itu ternyata merupakan hasil dari kerja keras dan jerih payah dari pengarang ato pemilik Blog. Butuh usaha dan waktu yang lama supaya Blognya bisa terkenal dan mapan, jadi pelajaran yang saya ambil untuk diri saya sendiri adalah " jangan pernah terlalu berharap kalo Blog ini akan langsung ngetop ataupun menarik banyak pengunjung untuk membaca ataupun berinteraksi".

Nah sekarang tinggal kembali lagi pada kemauan dan niat, mau nerusin atau nyerah neh...?? Akhirnya saya pilih terus aja deh, saya pengen belajar nulis, interaksi, nuangin ide2, liat ide2 dari orang lain terus kita olah sendiri sesuai dengan kemampuan saya tentunya dan terus belajar banyak dari pakar2 Blog yang dah mapan...Seandainya Blog ini ada yang kasih komentar, info tambahan ataupun kritikan2 sepedas apapun, (...mudah2an ada...) wow..sangat menyenangkan banget, jadi dari situ saya kan bisa perbaiki lagi Blog saya..

.Sewaktu keliling ngunjungi Blog lain, kebetulan saya nemuin alamat  http://www.problogger.net/ terus baca2 deh critanya.. ternyata semua artikelnya sangat menarik, terus ada 1 artikel yang waktu saya baca kok pas banget neh, tentang indikasi apakah Blog kita sudah sesuai dan benar jalurnya belum, ada 5 poin indikasinya...nah dibawah ini akan saya tuliskan sedikit ringkasan dari 5 poin itu, mungkin suatu saat nanti ada Blogger pemula lain seperti saya yang bisa ambil manfaatnya juga. 5 pion indikasi tentang Blog ini saya kutip dari situs http://www.problogger.net/ 
Bagi rekan-rekan yang ingin baca ataupun copy, saya persilahkan.


5 cara untuk mengetahui apakah blog Anda sudah mendapatkan apa yang diperlukan :

1) Komentar

Komentar dapat menjadi ukuran  dan indikator yang kuat kalau Blog itu sudah mulai berjalan dengan baik atau belum . Jika blog Anda menerima banyak komentar, mungkin itu suatu pertanda yang hebat. Apalagi komentar itu bersifat membangun, ada semacam diskusi ataupun kemudian menghubungkan dengan link yang lain, artinya para pengunjung menemukan konten yang berharga dan menarik dalam Blog tersebut'

2) Pelanggan


 Semakin banyak yang ikut sebagai pelanggan dalam konten anda (subscribers) merupakan pertanda bagus bagi perkembangan Blog anda. Tetapi banyak diantara kita yang menentukan tujuan-tujuan ataupun target yang tidak realistis dan cenderung berlebihan, hal ini akan menimbulkan kekecewaan natinya seandainya ternyata target itu ternyata jauh dari harapan. Membuat Blog, menulis dan beraktifitas dalam Blog adalah suatu proses, seandainya Blog kita tidak sesuai dengan harapan kita, kita bisa evaluasi kembali, baik dalam hal konten, lay out ataupun banyak hal lainnya untuk menjadi lebih baik lagi.

3) Link


 Link bagaikan mata uang bagi Blog kita untuk mendapatkan traffic pengunjung maupun peringkat pada search engine, salah satu cara untuk mendapatkan link yang berkualitas, adalah konten Blog yang berkualitas.
Semakin bagus kualitas konten Blog kita, makin banyak orang yang menyukai dan akan makin banyak link yang terhubung ke Blog kita.


4) Teman

 Jaringan teman yang semakin meluas dalam web akan menentukan kesuksesan jangka panjang , selalu berusaha untuk bertemu dengan orang yang baru dan memperluas jaringan sebanyak mungkin. Dan juga sangat bagus untuk mendapatkan teman diaman kita bisa belajar lebih banyak lagi untuk kemajuan kita, saling memberi semangat, saran ataupun kritik yang bersifat membangun.

5) Niche


Jika kita membuat Blog sekedar untuk hobi, kita tidak terlalu memerlukan batasan tentang isi Blog kita, tetapi jika ingin supaya Blog kita bisa lebih memberikan keuntungan buat kita, perlu bagi kita untuk  memahami apa dan siapa pembaca Blog kita serta memasarkan apa yang ada dalam Blog kita sesuai dengan target yang kita inginkan.

Demikian 5 poin yang saya simpulkan dari situs http://www.problogger.net/ dan penafsiran setiap orang tentang arti kesuksesan sebuah Blog tidaklah sama, tetapi semoga tulisan ini bisa memberi masukan khususnya bagi Blogger pemula yang masih belajar, sama seperti saya...

No comments:

Post a Comment

Black Safir: Keindahan Misterius Batu Permata Berwarna Hitam

  Black Safir, juga dikenal dengan sebutan "Black Star Sapphire" atau "Black Star of India," adalah sebuah batu permata ...